Jurnal Studi Tindakan Edukatif (JSTE) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research - CAR) dalam berbagai jenjang pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan temuan inovatif yang meningkatkan kualitas pembelajaran dan praktik pendidikan berbasis tindakan nyata di kelas.

 

JSTE menerima artikel penelitian yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada:

  1. Inovasi dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Metode dan pendekatan dalam penelitian tindakan kelas Model dan strategi pembelajaran berbasis tindakan Teknik refleksi dan evaluasi dalam PTK
  2. Pengembangan dan Penerapan Model Pembelajaran Penerapan model pembelajaran inovatif dalam PTK Integrasi teknologi dalam pembelajaran berbasis tindakan Model pembelajaran diferensiasi dan inklusif
  3. Peningkatan Kinerja Guru dan Hasil Belajar Siswa Peningkatan profesionalisme guru melalui PTK Pengaruh tindakan kelas terhadap hasil belajar siswa Implementasi asesmen formatif dalam PTK
  4. Teknologi dan Media Pembelajaran dalam PTK Pemanfaatan teknologi digital dalam penelitian tindakan kelas Penggunaan media interaktif dan berbasis AI dalam pembelajaran Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi dalam pembelajaran
  5. Penguatan Karakter dan Keterampilan Abad 21 Pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif melalui PTK Implementasi pendidikan karakter dalam penelitian tindakan kelas Penerapan pendekatan STEAM dalam pembelajaran berbasis tindakan
  6. Kebijakan dan Praktik Pendidikan Berbasis Tindakan Implikasi kebijakan pendidikan terhadap PTK Best practices dalam penerapan PTK di sekolah dan perguruan tinggi Studi kasus dan pengalaman guru dalam menerapkan PTK

 

JSTE terbuka bagi peneliti, praktisi pendidikan, dan akademisi yang ingin berbagi pengalaman serta hasil penelitian dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.